Friday, June 29, 2018

Anda Tahu Kandungan Kaldu Ayam, Bagaimana Cara Membuatnya?

Kaldu Ayam
Kaldu Ayam

Kaldu ayam adalah salah satu bahan penyedap yang sering digunakan untuk bahan tambahan dalam masakan. Kaldu ayam merupakan air yang berasal dari sari rebusan ayam. Biasanya ayam digunakan adalah ayam yang berlemak dan sudah bersih atau tidak ada lagi jeroan di dalam ayam. Lemak yang keluar dari rebusan ayam memiliki rasa yang gurih. Warna kaldu ayam adalah kuning kecoklatan dan bening. Sup merupakan salah satu masakan yang menggunakan banyak kaldu ayam dalam proses memasaknya. Rasanya yang gurih dan sedikit berlemak ini membuat masakan yang Anda buat menjadi lebih nikmat. Saat membuat kaldu ayam usahakan menggunakan air yang cukup banyak dan sedikit sayur agar kaldu lebih terasa.

Kaldu ayam mempunyai manfaat, kandngan kaldu ayam memiliki peran sebagai antibodi untuk tubuh kita. Jika Anda suka dengan ceker ayam dalam membuat kaldu ayam merupakan hal yang baik karena kandungan pada ceker ayam sangat baik untuk tubuh. Karena dalam kandungan ceker ayam terdapat kolagen. Selain itu dalam kaldu ayam juga terdapat asam amino dan zat kapur yang berguna untuk tubuh. Kaldu ayam yang memiliki rasa yang gurih, asin, dan sedikit berlemak ini sangat pas untuk membuat sup. Rasa dari kaldu ayam yang begitu terasa dapat juga dijadikan sebagai campuran makanan untuk balita Anda. Campurkan kaldu ayam dengan bahan-bahan yang Anda suka kemudian di blender dan sajikan kepada balita Anda. Apa lagi jika menggunakan Ayam kampung sebagai bahan untuk membuat kaldunya, kaldu tersebut bisa digunakan sebagai MPASI yang baik untuk tumbuh kembak balita Anda.

Menyimpan kaldu ayam di lemari es dengan benar dapat bertahan cukup lama sehingga Anda tidak perlu membuatnya berulang kali. Pemilihan ayam dapat mempengaruhi kualitas dari kaldu ayam yang akan dihasilkan.

Berikut beberapa cara agar kaldu ayam yang Anda buat dapat bertahan lama:
  1. Pilih ayam yang segar dan bersihkan semua bagian ayam hingga benar-benar bersih;
  2. Tuangkan air yang cukup banyak pada panci untuk merebus ayam;
  3. Gunakan ceker ayam untuk rasa yang lebih nikma
  4. Anda bisa menggunakan sayur sebagai bahan tambahan seperti bawang bombay, bawang putih, daun bawang, seledri. Namun campurkan sayur tersebut dengan takaran yang sedikit saja.
  5. Usahakan temperatur panas sekitar 45 derajat agar kualitas dari kaldu ayam baik;
  6. Setelah kaldu ayam dingin, siapkan wadah transparan dan simpan pada lemari es;
  7. Untuk memasaknya, Anda dapat menggunakan seluruh air rebusan kaldu ayam untuk membuat sup dan cukup menambahkan sayuran ke dalamnya;
  8. Jika ingin digunakan untuk membuat tumisan, Anda dapat menambahkan satu hingga dua sendok