Thursday, July 5, 2018

Belum Pernah ke Mailoboro Yogyakarta? Anda Sangat Rugi Loh

Malioboro merupakan salah satu tempat yang paling terkenal di Jogja. Banyak orang gak mau meninggalkan jogja sebelum mengunjungi Malioboro. Bagaimana malioboro itu dan apa saja yanga ada di sana, simak ulasan berikut ini :
Jalan Malioboro ini memiliki panjang sepanjang 2,5 kilometer yang memanjang dari area Tugu Yogyakarta hingga ke Kantor Pos di Yogyakarta. Yang paling menariknya lagi adalah, disini tidak pernah sepi pengunjung setiap hari. Bahkan, banyak orang menyebut bahwa jalan ini adalah titik garis imaginer yang telah menghubungkan di antara pantai Parangtritis, dengan Keraton Yogyakarta dan juga gunung Merapi.


malioboro-malam-hari
Keunikan Terbaru di Malioboro
Ketika berjalan di Jl Malioboro anda akan menemui keuinikan baru, Anda  akan  mendengar alunan music  dimainkan secara langsung oleh para seniman yang ada di Yogyakarta. Instrument menggunakan tong diganbung dengan angklung. Bahkan anda bisa request lagu pada mereka. Tak hanya kadang mereka juga membawa penyanyi khusus yang suaranya lumayan . Tak sekedar di siang hari saja, tempat ini pun juga selalu ramai pada malam hari. Bahkan pada malam hari banyak terdpat  lesehan dan juga angkringan
musik-malioborohiburan-musik-tradisional-di-malioboro-768x432
Sejarah Jalan Malioboro
Awal mula nama Malioboro ini dulunya terdapat 2 versi. Versi pertama diambil dari kata sansekerta yang memiliki arti, sebagai karangan bunga. Karena dulu sepanjang jalan Malioboro ini dipenuhi dengan karangan bunga saat ada acara atau hajatan di keraton. Sedangkan untuk versi yang kedua, nama ini sebenarnya berasal dari bangsawan Inggris, yang bernama Marlborough yang dulu tinggal disini pada tahun 1816 hingga 1881.
Apa yang Bisa Dilakukan di Jl Malioboro
Area ini  sangat terkenal akan pusat souvenir khas Yogyakarta, anda akan menemui banyak penjual kaki lima di sepanjang jaalan malioboro. Bagi anda yang suka shopping, di kanan kiri malioboro banyak terdapat department store.
trotoar-malioboro-kaki-lima
  • Trotoar dengan tempat duduk untuk menikmati susana Kota
    saat ini trotoar malioboro sudah sangat rapi, bahkan diberikan tempat duduk yang banyak sehingga kita bisa menikmasi suasan kota jogja baik siang hari maupun malam hari.
penampilan-trotoar-malioborotrotoar-malioboro-saat-ini
Di sepanjang jalanan ini juga ada tempat wisata  yang cukup menarik yaitu :
  • Keraton Yogyakarta
Tempat ini adalah pusat budaya dan juga pemerintahan yang ada di provinsi DI Yogyakarta. Dulu tempat ini menjadi sebuah kerajaan dan juga tempat tinggal bagi keluarga para Sultan. Semua tata letak dan juga detail bangunannya telah diatur dengan falsafah dari budaya Jawa. Kini keraton ini telah menajdi tempat wisata yang dibuka setiap hari pada jam 08.30 sampai dengan 12.30. sementara untuk hari Jum’at beserta Sabtu, keraton ini ditutup lebih awal, di jam 11.00.
  • Pasar Beringhardjo
Pasar ini juga disebut dengan tempat wisata di Jogja yang cukup ramai. Disinilah terdapat berbagai macam motif batik dan kerajinan tangan beserta aksesorisnya dan semua hal yang berbau tradisional. Dulu pasar ini merupakan hutan yang penuh dengan pohon beringin. Maka dari itulah pasar ini disebut juga dengan pasar Beringhardjo yang berarti pohon beringin dan sejahtera. Dulu pasar ini menjadi pusat kegiatan ekonomi untuk masyarakat Yogyakarta.
  • Benteng Vredeburg 
Benteng ini dibuka setiap hari, kecuali hari Senin, dengan jam buka yang bisa diakses sebagai berikut ini:
Selasa sampai dengan Jum’at : Jam 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu sampai dengan Minggu : Jam 08.00 – 17.00 WIB